Pengertian, jenis jenis dan Sejarah DOS, Windows, Macintosh, OS/2 , Unix, LINUX, Palm OS.

 saya akan berbagi info tentang Windows,DOS,Macinthos,OS/2,UNIX,Palm OS. dan saya akan berbagi dari pengertian,sejarah,jenis-jenis, sama kelebihan dan kekurangan dari system operasi tersebut.



1. Pengertian windows

 Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi  yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

(-) Kelebihan Windows:
1.      User friendly dibandingkan dengan sistem operasi yang lain
2.      Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
3.      Banyak software berbasis Windows
4.      Dukungan driver yang lebih banyak
5.      Banyak orang pakai Windows sehingga banyak perusahan membuat aplikasinya menggunakan     dasar Windows. Ada beberapa aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS yang lainnya.       Bahkan beberapa aplikasi vital dunia kerja.
6.      Karena systemnya sudah dishare untuk bisa dikembangkan (bukan di open lho), maka semakin     mudah siapa saja membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows. Terutama dunia usaha   yang membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
7.      Perkembangan paling cepat dibanding software lainnya karena banyak perusahaan software yang   konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows.
8.      Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows.
9.      Kalau ada masalah mudah menyelesaikannya sebab hampir semua orang bisa, dan mencari           ahlinya juga tidak sulit disekitar kita.
10.  Kelebihan yang lain... duitnya banyak. Kalau duitnya banyak mau apa saja lebih unggul dari           lainnya.

 Kekurangan Windows:
1.      Harga licensi mahal
2.      Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
3.      Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
4.      Sistem keamanan yang masih dibilang kurang
5.      Sistem yang kurang 

macam macam jenis windows:

1. Windows 1.0
Ini adalah merupakan sistem operasi pertama kali yang di luncurkan oleh Microsoft Windows yang disebut dengan Windows 1.0, versi ini memang banyak mempunyai kekurangan maklum ini adalah versi yang pertama sehingga kurang populer dipasaran. Pada awalnya versi ini mau dinamakan dengan Interface Manager tetapi pihak Microsoft tidak setuju.

2. Windows versi 2.0
Beberapa tahun kemudian windows meluncurkan windows versi 2, versi inipun bisa sedikit populer di bandingkan versi sebelumnya. Yang membuatnya populer adalah karena adanay grafis buatan dan adanya Microsoft excel dan Microsoft word. Ini merupakan awal kesuksesan dari Microsoft.

3. Windows 3.0
Microsoft Windows mencapai kesuksesan yang signifikan akhirnya meluncurkan windows versi 3.0 pada tahun 1990. Versi ini menawarkan kemampuan terhadap aplikasi windows, juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan aplikasinya di MS – DOS secara serentak. Versi ini dapat dijalankan dengan 3 modus yakni dengan modus real, standart, 386 Enhanced dan juga kompetibel dengan intel.

4. Windows NT
Microsoft terus melakukan pengembangan hingga akhirnya merilis Windows NT. Tetapi versi ini kurang begitu banyak dukungan dari driver karena pengembangannya dianggap rumit oleh beberapa pengembang. Versi ini juga dianggap boros sumber daya walaupun menawarkan performa yang tinggi.

5. Windows 95
Versi di desain dengan arsitektur 32bit, meskipun kernel masih ada beberapa yang menggunakan 16bit demi alasan kompatibilitas kebelakang. GUI yang baru yang membuat versi ini berbeda. Versi ini diluncurkan pada 24 agustus 1995.

6. Windows NT 4.0
Versi ini sukses mengancam dominasi UNIX dipasar korporat. Dikembangkan sebagai bagian untuk memperkenalkan windows NT ke pasar workstastion. Memiliki antarmuka yang hampir sama dengan windows 95.

7. Windows 98
Di perkenalkan pada 25 juni 1998, versi ini di anggap sebagai revisi minor terhadap windows 95. Di dukung oleh sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar yaitu 2GB. Versi ini di klaim sebuah versi windows 9x yang paling stabil diantara versi 9x sebelumnya.

8. Windows 2000
Dirilis pada tahun 17 februari 2000 yang tang merupakan versi sebelumnya dikenal dengan Windows NT 5.0. windows 2000 diciptakan dengan tujuan dapat memperoleh dari pangsa pasar workstation dan pasar server. Versi ini berbasis kernel NT yang terakhir yang mengharuskan si pemakai melakukan aktivasi. Windows ini dapat memperbarui komputer yang sebelumnya memakai windows 98.

9. Windows Me
Di rilis pada September 2000. Versi ini lebih menonjol dengan dukungan multimedia dan internet yang lebih baik, juga memasukkan sistem restore yang megizinkan penggunanya untuk mengembalikan keadaan kembali seperti semula.

10. Windows XP
Diluncurkan pada tahun 2001, versi ini menggunakan kernel windows NT 5.1 yang terkenal karena kestabilannya. Versi ini dikenal sebagai versi yang paling lama karena berkisar dari tahun 2001 sampai tahun 2007.

11. Windows Vista
Dirilis pada 30 november 2006 dirancang agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dan juga memikat si pengguna dengan adanya Windows Aero GUI dan juga menawarkan internet explorer yang lebih aman serta windows media player.

12. Windows 7
Selanjutnya adalah rilis terbaru yaitu Windows 7 dirilis pada 22 oktober 2009 memiliki keamanan dan fitur – fitur yang baru. Dan juga memiliki fitur yang unik yaitu gadget yang bebas di taruh mana saja di desktop.

13. Windows 8
Di luncurkan pada tahun 2011 yang pertama kalinya menggunakan start menu metro. Dan versi ini terus berkembang hingga saat ini yang di kenal dengan windows 8.1. versi yang ini memiliki fitur yang unik diantaranya proses penginstalan dan booting yang cepat.

2. PENGERTIAN DOS
ws

      DOS adalah (merupakan) sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an. Untuk fasilitas booting komputer dan menjalankan beberapa aplikasi software, misalnya WS dan Lotus. Masih banyak fungsi DOS yang digunakan pada zaman sekarang, terutama dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware komputer. Walaupun bisa juga dilakukan pada sistem operasi berbasis GUI.

Berikut ini fungsi fungsi DOS:
  1.  Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer
  2.  Mengatur memori
  3.  Mengatur proses input dan output data 
  4. Management file
  5. Management directory
Keluarga DOS terbagi menjadi bebrapa kelas, yakni :

1. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), termasuk di antaranya adalah Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.

2.IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System), yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh komputer IBM PC.

3.DR-DOS (Digital Research Disk Operating System), yang dibuat oleh pembuat sistem operasi CP/M, Gary Kildall.

4.Novell Personal Netware, merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated).

5.Caldera DOS, merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.

6.FreeDOS, merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source.

Kekurangan Ms DOS :
1.      DOS ngga GUI jadi otomatis lebih ribet, karena pakai Command Line Interface
2.      Windows yang sekarang (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS, sebagai buktinya, kalo agan jalanin program DOS tanpa lewat CMD, langsung ditutup sama Windowsnya

Keunggulan program DOS :
1.      DOS menampilkan program yang lebih "realistis" dibandingkan windows karena beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut)

macam macam jenis DOS:

- DOS 3.3      -  DOS 3.2
- DOS 1.0      - DOS 4.0
- DOS 2.0      - DOS 5.0
- DOS 3.0      - DOS 6.0
- DOS 3.1 

3. Macintosh

Sejarah Perkembangan:

  Seperti yang telah kita ketahui, Apple Inc. dewasa ini sedang menjadi trend kalangan penikmat gadget yang gila akan teknologi tercanggih dan terbaru. Apple Inc. pada awalnya bernama Apple Computer Inc. Perusahaan ini terletak di Silicon Valley, Cupertino, California dan membantu bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya Apple II yang memajukannya sejak tahun 1980-an hingga sekarang dengan Macintosh. Apple terkenal dengan perangkat keras ciptaannya, seperti iMac, Macbook, perangkat pemutar lagu iPod, dan telepon genggam iPhone. Beberapa perangkat lunak ciptaannya pun mampu bersaing di bidang kreatif seperti penyunting video Final Cut Pro, penyunting suara Logic Pro dan pemutar lagu iTunes yang sekaligus berfungsi sebagai toko lagu online. - 
Macintosh
Sistim operasi yang digunakan pada produk Apple adalah Macintosh yang merupakan sistim operasi khusus yang dibuat untuk apple computer yang tidak kompatibel dengan PC keluaran IBM. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI) dan diluncurkan pertama kali pada tahun 1984. Pada waktu itu, langkah yang dilakukan apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal. Apple juga membuahkan konsep pewarta Apple (Apple evangelist) yang dipelopori oleh karyawan Apple bernama Guy Kawasaki. Walaupun ada kekhawatiran mengenai kurangnya piranti lunak yang tersedia, layar hitam putih dan arkitekturnya yang tertutup, merek Macintosh pada akhirnya menjadi produk yang berhasil bagi Apple bahkan sampai hari ini. Ketika Bill Gates pendiri Microsoft mengunjungi kantor besar Apple di Cupertino, Steve Jobs menunjukan sebuah prototype dri antarmuka pengguna grafis untuk
Macintosh. Pada tahun 1985 Microsoft meluncurkan Windows, antarmuka pengguna grafis buatan mereka sendiri untuk computer IBM. Pada saat itu computer IBM sudah di reverse engineered dan banyak perusahaan juga membuat computer yang kompatibel dengan IBM.

Walaupun Apple memberi lisensi untuk beberapa produk lainnya mereka tidak pernah memberikan izin perusahaan lain untuk membuat computer yang kompatibel dengan Macintosh sehingga Microsoft bisa mendominasi pangsa pasar yang ada. Pada saat itu Apple sadar bahwa mereka sudah terlambat untuk merebut kembali kekuasaan pasar yang pernah mereka miliki. Walaupun windows versi pertama sangat ketinggalan jaman di banding Macintosh, piranti lunak tersebut dan computer yang kompatibel dengan windows bisa di beli dengan harga yang jauh lebih murah dibanding sebuah Macintosh. Ditambah lagi perbaikan yang dilakukan Microsoft secara cepat mengejar ketertinggalan mereka. Karena keterbukaan yang dimiliki oleh computer yang kompatibel dengan IBM menyebabkan lebih banyak piranti lunak tersedia untuk Windows dibanding Macintosh.

Kelebihan:
  1.  Tampilannya lebih bagus, kinerja pembuatan design, music dan film. System operasi yang eye catching, tidak terjadi hardware conflict karena sudah satu paket dengan Mac OS dan juga tidak rentan virus yang dapat menginfeksinya.
  2.  Tidak pernah mengalami cresh
  3. Tidak install dan tidak membutuhkan driver untuk hardware tambahan.
  4. Software khusus didalam OS Macintosh.
  5.  Tidak ada Sistem Operasi Apple bajakan.
Kekurangan:
  1.  System pengoperasian yang tidak familiar bagi pengguna IT awam.
  2. Karena keeksklusifan satu paketnya membuat kita harus mengeluarkan biaya banyak dan harus belajar ekstra.
  3. Tidak bisa dirakit sendiri (hanya computer keluaran Apple yang bisa dipakai).
  4.  Tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM

Pada awalnya, Macintosh OS disebut sebagai Mac System Softaware yang merupakan sebuah sistem operasi yang dirancang hanya untuk prosesor Motorola 68K. MacOS digunakan dalam perangkat Macintosh tersendir yang mana dapat berperan khusus dalam sistem komputer desktop di dunia. Versi pertama yang dirilis oleh Apple adalah System 1 yang dibundel dengan Mac pada tahun 1984. Desktop yang tergolong klasik ini merupakan sistem operasi single user yang hampir seluruhnya menyembunyikan path lengkap ke file dan direktori. Penyajian grafik dikurangi untuk kelebihan esensi. Antar muka yang disajikan secara keseluruhan mudah digunakan dan tidak membutuhkan tombol mouse kanan dalam interaksinya.
Dahulu, Macintosh atau yang biasa disingkat dengan Mac bernama Mac System. Dalam kurun waktu tertentu, perubahan generasi versi macintosh pada Apple mengalami perubahan sebanyak 6 kali. Pertama merupakan Mac System 3.0, dimana sistem file HFS digunakan secara resmi dan tidak ada lagi pembedaan huruf besar dan kecil. Kemudian berkembang menjadi Mac System 5.0, kemudian Mac System 6.0. Pada versi ini sistim operasi ditulis kebayakan dengan Pascal dan menggunakan mode 24-bit. Pada System 6.0 inilah kinerja multi-tasking diperkenalkan dan diaktifkan. Kemudian, berkembang lagi menjadi System 7.0, dimana dukungan dialihkan pada sistem 32 bit sehingga penggunaan memori dan program yang lebih kuat. Pada tahun 1994, meluncurlah sistem 7.5 yang mendukung arsitektur PowerPC untuk pertama kalinya dan kemudian digunakan pada versi Mac OS selanjutnya. Penamanan System Software 7.6 kemudian diubah menjadi Mac OS pada bulan Januari 1997.
Pengantian nama Mac System, mulai Mac OS
Pada tahun 1994, Apple merilis System 7.5 yang mengharuskan RAM minimal 4 MB. Sistem operasi ini dapat berjalan pada Mac 68K dan Power Macintosh. Pada tahun 1996, tepatnya bulan September, Apple mengupdate System 7.5 menjadi System 7.5.5 untuk memperbaiki bug, penambahan Open Transport 1.1.2, tambahan driver Ethernet dan dukungan terhadap harddisk dengan kapasitas 4 GB. Secara Resmi Apple mengubah nama sistem operasi ini menjadi Mac OS dengan meluncurkan System 7.6 pada tahun 1997. Pada 31 Januari 1999, Applememberikan sistem operasi System 7.5.3 kepada khalayak ramai untuk diunduh secara gratis.
Mac OS 7.6 dapat diinstall pada komputer Mac dengan prosesor minimal PowerPC 68030 dan mendukung berjalan di 32 bit. Format 24 bit tidak lagi didukung oleh Mac OS 7.6. Kinerja virtual memori dan manajemen memori ditingkatkan dengan baik. Pada versi ini, Apple juga memperkenalkan versi update dari QuickTime versi 2.5 yang menawarkan gambar yang baik dan keuntungan dari fasilitas pada prosesor.
Mac OS X
Pada tahun 2001, bulan Maret Apple merilis Mac OS X yang membutuhkan kapasitas RAM 128 MB dan 1,5 GB ruang kosong pada harddisk. Mac OS X adalah sistem operasi paling canggih di jaman tersebut, dibangun diatas dasar UNIX yang sudah terbukti baik. Ditambah lagi adanya GPU untuk akselerasi grafis, layakan jaringan yang baik dan optimalisasi CPU multicore. Dengan sistem operasi ini, anda dapat menciptakan lingkungan kerja grafis yang menyenangkan dan efisien. Apple mengintegrasikan Mac OS X dengan sejumlah teknologi yang ramah penggunaan. Pada tahun 2006, Steve Jobs, pendiri Apple pertama kali mengumumkan bahwa Mac OS X tersedia bagi sistem Intel. Menurut Jobs, sistem tersebut sudah dikembangkan sejak rilis awal Mac OS X, namun baru sempurna pada tahun tersebut. Mac OS X (versi 10.6.0) sangat dioptimalkan untuk optimasi prosesor berbasis Intel. Pada tahun tersebut, secara resmi Apple menggunakan prosesor Intel untuk perangkat keras yang diterbitkannya. Dengan demikian maka sistem operasi ini tidak lagi tersedia untuk prosesor PowerPC.
Berikut adalah tampilan sederhana, Sistim Operasi Macintosh pada Macbook Pro OS X version 10.8.1 (mountain lion) 

Rilis terakhir Mac OS diluncurkan sekitar bulan Mei 2005 dengan kode Tiger dengan versi 10.4. Tahapan-tahapan OS X:

˜   Mac OS X Server 1.0 kode: “Rhapsody”, dirilis: Maret 1999.
˜   Mac OS X Public Beta kode: “Kodiak”, dirilis: September 2000.
˜   Mac OS X 10.0 (update 10.0.1-10.0.2-10.0.3-10.0.4) kode: “Cheetah”, dirilis: Maret 2001.
˜   Mac OS X 10.1 (update 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: “Puma”, dirilis: Oktober 2001.
˜   Mac OS X Server 10.1 (update 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: “Puma”, dirilis: November 2001.
˜   Mac OS X 10.2 (update 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2. kode: “Jaguar”, dirilis: Agustus 2002.
˜   Mac OS X Server 10.2 (update 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2., dirilis Agustus 2002.
˜   Mac OS X 10.3 (update 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9) kode: “Panther”, dirilis Oktober 2003.
˜   Mac OS X Server 10.3 (update 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9), dirilis Oktober 2003.
˜   Mac OS X 10.4 (update 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) kode: “Tiger”, dirilis: April 2005.
˜   Mac OS X Server 10.4 (update 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) dirilis: April 2005.
˜   Mac OS X 10.5 (update 10.5.1-10.5.2-10.5.3-10.5.4) kode: “Leopard”, dirilis: Oktober 2007
˜   Max OS X 10.6 (kode: “Snow Leopard”; direncanakan beredar pada Juni 2009)

macam macam jenis Macinthos:
- Power MAC 64 cube
- Power book 64 email
- x server
- imac 65
- MAC  mini
- MAC book

4.Sistem Operasi OS/2

 OS/2 adalah sistem operasi yang awalnya dibuat secara bersama-sama oleh International Business Machine Corporation (IBM) dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM PS/2, (pengganti komputer IBM PC/AT), sebagai pengganti sistem operasi DOS yang telah lama digunakan. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2, karena diperkenalkan sebagai bagian dari rilis perubahan generasi yang sama sebagai “IBM Personal System/2 (PS/2)” generasi kedua Personal Computer. Pengembangan sistem operasi ini dilakukan oleh kedua perusahaan tersebut, dengan menggunakan perjanjian Joint Development Agreement (JDA). Sistem operasi tersebut didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari mikroprosesor Intel 80286, termasuk di antaranya adalah modus terproteksi (protected mode), mampu menjalankan banyak tugas secara simultan (multitasking), serta mendukung virtual memory, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS yang beredar saat itu (meski tidak semuanya), serta dapat membaca semua cakram (disk) yang diformat dengan menggunakan format DOS.

Ringkasan Deskripsi Sistem Operasi OS/2:

(-) Perusahaan/pengembang: IBM & Microsoft (v1.0-1.2), mulai versi 1.3 dikembangkan sendiri oleh IBM.
(-) Diprogram menggunakan bahasa pemrograman: C/C++
(-) Status pengembangan saat ini: Sebagai sejarah, kini dikembangkan sebagai eComStation
(-) Model source sistem operasi: Closed source (kode sumber tertutup).
(-) Jenis lisensi: Proprietary (Hak milik)
(-) Awal rilis: April 1987.
(-) Rilis stabil terakhir: 4.52 – Desember 2001
(-) Target pemasaran: Profesional (versi Desktop), Server
(-) Dukungan bahasa: Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Portugis
(-) Bahasa pemrograman yang didukung: REXX, Objek Rexx, Java
(-) Platform yang didukung: x86.
(-) Jenis Kernel: Hybrid kernel
(-) Default antarmuka pengguna: Workplace Shell dan GUI

jenis jenis dari Versi Perkembangan OS/2 (versi OS/2, tahun release, dan fitur-fiturnya):

OS/2 1.00 – 1987: merupakan sistem operasi pertama untuk Personal Computer dengan fitur multitasking berdasarkan dukungan hardware. Namun dalam modus teks saja dan hanya diperbolehkan satu program untuk berada di layar pada satu waktu, meskipun program lain dapat berjalan di background. Ukuran disk maksimum yang didukung adalah 32 MB. Semua versi 1.x dari OS/2 yang dirancang khusus untuk berjalan pada sistem 80286, mampu berjalan pada sistem 80386 juga.

OS/2 1.10 SE – 1988: SE 1.10 menambahkan antarmuka pengguna berbasis grafis (GUI) untuk OS/2, dan GUI-nya disebut Presentasi Manager (PM). Memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi dengan cara yang lebih ramah daripada antarmuka command line serta dukungan untuk hard drive FAT cukup besar hingga 2 GB.

OS/2 1.10 EE – 1989: OS/2 1.10 EE (Extended Edition) menambahkan Database Manager dan Communications Manager. Database Manager adalah database relasional multitasking yang cukup powerfull, dan sekarang disebut DB2.

OS/2 1.20 – 1989: OS/2 1.20 (SE dan EE) menawarkan peningkatan Presentation Manager (GUI). Fitur lainnya adalah High Performance File System (HPFS). HPFS jauh lebih efisien dan lebih cepat daripada FAT. HPFS juga menawarkan integritas data jauh lebih besar. REXX juga muncul untuk pertama kalinya di OS/2 1.20 EE. REXX adalah bahasa pemrograman.

OS/2 1.30 – 1991: OS/2 1.30 (SE dan EE) adalah versi pertama yang seluruhnya ditulis oleh IBM. Masih ada beberapa kode Microsoft di dalamnya. Akibatnya, OS/2 1.30 lebih kecil dan lebih cepat dari versi sebelumnya, lebih stabil, dan dukungan driver perangkat keras lebih tersedia. REXX ditambahkan juga ke versi SE.

OS/2 2.00 – 1992: Sepenuhnya mendukung sistem operasi 32 bit untuk Personal Computer. Hal ini dilakukan melalui penggunaan Virtual DOS Machines (VDMs) yang memungkinkan OS/2 untuk menjalankan banyak program DOS dan Windows pada saat yang sama seolah-olah mereka benar-benar pada komputer yang terpisah. Workplace Shell (WPS) juga diperkenalkan di OS/2 2.00. Workplace Shell adalah sebuah antarmuka pengguna berorientasi objek (OOUI).

OS/2 2.10 – 1993: Lebih cepat, mendukung sepenuhnya subsistem grafis 32 bit dan Multimedia Presentation Manager (MMPM/2) yang memberikan kemampuan multimedia suara dan video. Dukungan untuk Windows 3.0-3.1. PCMCIA untuk komputer laptop juga dimasukkan dalam OS/2 2.10, bersama dengan Advanced Power Management (APM). OS/2 bisa bekerja dengan komputer laptop yang memiliki BIOS APM untuk mengurangi konsumsi daya dan memperpanjang masa pakai baterai.

OS/2 Warp 3 – 1994: OS/2 Warp 3 ini dirancang untuk diinstal dan dijalankan di komputer yang hanya memiliki 4 MB RAM. Driver perangkat tambahan mampu berjalan dengan sebagian besar PC dan peripheral di pasaran. Workplace Shell, kinerja mencetak, dukungan PCMCIA, dan dukungan multimedia semuanya ditingkatkan secara signifikan. Komunikasi TCP/IP dan Internet juga ditambahkan ke Warp 3. Web Explorer memungkinkan pengguna untuk mengakses World Wide Web. Mode teks dan grafis aplikasi FTP memungkinkan transfer file. Ultimail Lite memberikan pengguna layanan e-mail

Warp Connect – 1995: Warp Connect menggabungkan semua fitur dari Warp 3 dengan konektivitas jaringan dan perangkat. Fungsi Warp Connect memungkinkan workstation klien untuk berbagi sumber daya seperti file, printer, dan modem dengan pengguna lain pada jaringan.

Warp Server – 1996: Warp Server menyediakan kemasan terintegrasi dari OS/2 Warp, produk IBM LAN Server 4.0, SystemView untuk OS/2, akses remote, recovery, dan kemampuan pencetakan baru yang memungkinkan mencetak file postscript dan non-postscript.

Warp Server SMP – 1996: OS/2 Warp Server Symmetric Multiprocessing (SMP) menyediakan kemampuan sistem operasi untuk menyebarkan beban kerja komputasi di beberapa prosesor.

OS/2 Warp 4 – 1996: Warp 4, nama kode Merlin. Fitur baru meliputi Java dan Navigasi VoiceType. Warp 4 disebut “Klien Universal” oleh IBM karena konektivitas jaringan dengan klien jaringan universal dengan semua sistem operasi yang ada, TCP/IP (termasuk DHCP, DDNS, FTP, TFTP, Telnet, SLIP, PPP, SMTP, dan SNMP), SNA, NetBIOS. Pengenalan suara VoiceType membuat Warp 4 satu-satunya sistem operasi di dunia yang memungkinkan navigasi suara tanpa software tambahan. Remote Access Services untuk kemampuan akses remote yang memungkinkan untuk mengakses jaringan dari rumah atau jalan.

Warp Server untuk e-bisnis (Aurora) – 1999: Fitur barunya meliputi sebuah antarmuka grafis mengelola bahasa, Netscape Communicator 4,04, Lotus Domino Go Server untuk hosting situs web, WebSphere Application Server 1.1, NT Server Management (memungkinkan manajemen domain NT dan server dari sistem OS/2 termasuk kemampuan untuk sinkronisasi account OS/2 dan NT), Network File System (NFS) untuk file sharing di jaringan, Logical Volume Management, dan Sistem Journaling (JFS) yang memberikan kinerja lebih cepat, kapasitas disk yang lebih tinggi, skalabilitas membaik, dan pemulihan lebih cepat. Server Warp untuk e-bisnis menggunakan user interface berorientasi objek (OOUI) dari Warp 4 untuk antarmuka pengguna.

OS/2 tidak lagi dipasarkan oleh IBM, dan dukungan standar IBM untuk OS/2 dihentikan pada 31 Desember 2006. Saat ini, Serenity Systems International menjual OS/2 di bawah nama merek eComStation.

5.Sistem Operasi Unix

 Sistem operasi bertipe Unix (Inggris: Unix-like) adalah sistem operasi yang memiliki cara kerja mirip Unix walaupun tidak selalu berspesifikasi Single UNIX Specification. Istilah ini juga termasuk sistem operasi bebas/sumber terbuka yang diinspirasi oleh Unix Bell Labs atau yang didesain untuk mengemulasikan beberapa fiturnya, perangkat lunak tak bebas yang komersial, dan versi yang berbasis kode sumber Unix yang berlisensi. Walaupun demikian tidak ada definisi formal standar untuk istilah ini.
Umumnya sistem operasi bertipe Unix bebas/terbuka tidak memakai merek UNIX untuk produk mereka walaupun sistem tersebut secara keseluruhan atau hampir keseluruhan menyerupai cara kerja Unix. 

Istilah Freenix kemudian diperkenalkan untuk mengacu kepada sistem-sistem ini:

Agnix (untuk pendidikan)
  1. BSD
  2. FreeBSD
  3. DragonFly BSD
  4. Gentoo/FreeBSD
  5. PC-BSD
  6. PicoBSD
  7. Darwin
  8. NetBSD
  9. OpenBSD
  10. ekkoBSD
  11. MicroBSD
  12. MirOS BSD
  13. Debian GNU/kFreeBSD
  14. Debian GNU/NetBSD
  15. Gentoo/Alt
  16. GNU
  17. Linux
  18. LUnix
  19. Minix
  20. Minix-vmd
  21. MINIX 3
  22. OpenSolaris
  23. Nexenta OS
  24. Illumos
  25. Phoenix-RTOS
  26. Plan 9—Pengganti Unix
  27. Plan B
  28. Inferno
  29. Syllable
  30. VSTa
Tak bebas:
  1. IBM AIX—berbasis System V 3
  2. ClosedBSD
  3. HP HP-UX
  4. SGI IRIX
  5. Apple Mac OS X—berbasis Darwin
  6. LynxOS RTOS
  7. MeikOS
  8. OpenVMS
  9. QNX
  10. SkyOS
  11. SunOS—berbasis BSD
  12. Solaris—berbasis System V 4
  13. Compaq Tru64—berbasis OSF/1
  14. Microsoft Xenix
  15. VxWorks
Kelebihan : 
  1. Portabilitas yaitu dapat diadaptasikan dengan mudah ke komputer lain
  2. Multiuser, dapat digunakan oleh banyak pengguna sekaligus
  3. Multitasking, dapat menjalankan tugas secara bersamaan dalam satu waktu
  4. Sistem file hirarkikal, pengorganisasian informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses.
  5. Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client pengembangan Java.
  6. Mempunyai kinerja yang lebih baik daripada Windows NT
  7. UNIX adalah sistem operasi yang hampir gratis
Kelemahan :
  1. Tampilan kurang menarik
  2. Membutuhkan memori yang cukup besar
  3. Masih belum banyaknya game-game besar yang bersedia dijalankan pada platform ini.
  4. Beberapa hardware sulit untuk menyediakan driver untuk Linux.
  5. Sulit digunakan untuk pengguna awam
Jenis-jenis UNIX:

Varian UNIX       : Dikembangkan oleh (vendor/organisasi)

A/UX                   : Apple Computer Domain/X Apple Computer

Darwin                : Apple Computer (modifikasi dilakukan Apple dari kernel
                            BSD dan diaplikasikan pada Mac OS/X).

CTIX                     : Convergent Technology


Distrix                   : Convergent Technology

UniCOS                 : Cray Research (sekarang bagian dari Silicon Graphics Incorporated)


DG/UX                  : Data General CorporationDigital UNIX         : Digital Equipment Corporation 
                                    (DEC) (dibeli oleh Compaq,
                                    sekarang bagian dari Hewlett-Packard)

Ultrix                    : Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq.
                          sekarang bagian dari Hewlett-Packard)

CLIX                     : Fairchild Company

HP/UX                  : Hewlett-Packard

Tru64                   : Compaq (sekarang bagian dari Hewlett-Packard)

AIX                       : International Business Machine (IBM) Corporation

  Coherent              : Mark William Company

XENIX                   : Microsoft Corporation (lalu dijual ke SCO)

DVIX                     : Northern Telecom

UnixWare             : Novell Incorporated

SCO UNIX            : Santa Cruz Operation (SCO) Corporation


SCO XENIX           : Santa Cruz Operation (SCO) Corporation

SCO                      : Santa Cruz Operation (SCO) Corporation

OpenServer

Dynix                    : Sequent

SINIX                    : Siemens Corporation/Nixdorf

IRIX                      : Silicon Graphics Incorporated (SGI)


SunOS                  : Stanford Universities Network (SUN)

Solaris                   : Sun Microsystems Incorporated

OpenSolaris          : Sun Microsystems Incorporated

Illumos                  : Illumos.org

Eunice                  : The Wollongong Group

Uniplus+               : Unisoft Corporation

BSD UNIX            : Universitas California (University of California) Berkeley,

                              Amerika Serikat

BSD/I                    : BSDI (Berkeley Software Design Incorporated)

OSF/1                    : Open Software Foundation

GNU/Linux           : Free Software Foundation

GNU/Hurd           : Free Software Foundation

6. Sistem operasi LINUX

PENGERTIAN LINUX
 Adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC.

Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.

SEJARAH LINUX

 Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. 

Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).

Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME).
Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat.

Kelebihan:
  1. Bersifat open source, bebas dan terbuka. sehingga tidak perlu biaya untuk mendapatkannya. LISENSI FREE  dan boleh di utak atik semaunya.
  2. Linux sekarang sudah mudah di operasikan. kalo dulu pengguna linux identik dengan para hacker, tapi sekarang orang awam pun sudah banyak yang menggunakannya.
  3. Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux atau bisa juga menggunakan software emulator.
  4. Memiliki pengamanan yang lebih unggul karena di desain multiuser sehingga apabila virus menyerang user tertentu, akan sangat sulit menyebar ke user lainnya.
  5. cocok untuk PC yang memiliki spesifikasi minimum karena linux membutuhkan resource yang lebih kecil dibandingkan Windows.
  6. Linux dapat berjalan di dua mode.
  7. Jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer karena linux lebih stabil.
  8. Memiliki komunitas di berbagai penjuru dunia.
  9. Terdapat beragam pilihan seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan sebagainya.
Kekurangan:
  1. Banyak user yang belum terbiasa menggunakan linux.
  2. Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux.
  3. Proses instalasinya tidak semudah windows.
  4. Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.
  5. Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like, maka mau gak mau harus belajar dulu.
  6. Struktur direktori dan hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows.
PENGEMBANGAN LINUX

Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanyaumumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 olehRichard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatifGNU/Linux.

Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keraskomputer, termasuk komputer desktop, superkomputer, dan sistem benamseperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2,PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router.

Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).

Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memilikipaket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice,Abiword,

MACAM-MACAM JENIS/ DISTRO LINUX

1.Xandros
       Xandros Linux adalah sebuah distro Linux yang berdasarkan pada sistim KDE.Tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Windows, jadi apabila dioperasikan sangat mudah dan nyaman.

2. Ubuntu.
    Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan            pada Debian.
Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”.

3. CentOS
Centos Adalah sistem operasi bebas yang    didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL). CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat).

4. Debian
Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux. Debian adalah ‘kernel independent’, yaitu sistem operasi Debian dikembangkan murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada.

5.Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, terkadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat.

6. Knoppix
Knoppix adalah distro linux live-cd yang dapat di jalankan melalui CD-ROM tanpa instalasi di hard disk. Distro ini berbasis Debian linux dan di ciptakan oleh KLAUS KNOPPER 

7.Gentoo Linux adalah suatu distribusi Linux yang memakai paket sistem manajemen         
Portage. [Bandingkan dengan: Debian yang menggunakan paket .deb, RedHat / Mandrake yang menggunakan paket .rpm. Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna.

8. Slackware
Slackware merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. Slackware merupakan salah satu distro awal, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola. Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix.

9.Mandriva Linux
Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft).
Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager.

10. OpenSUSE
SUSE sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional adalah salah satu distro Linux dari perusahaan Novell, atau lebih tepat dari anak perusahaannya Suse Linux GmbH (Software- und System-Entwicklungsgesellschaft mbH, Nürnberg yang berarti pengembangan -perangkat lunak dan system)

11.Freespire
Freespire adalah versi gratis dari distro Linspire (a.k.a Lindows), kemudian mungkin dikarenakan permasalahan nama, berubah menjadi Linspire.

12. Linux Mint
Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint.

13. PCLinuxOS
PCLinuxOS, sering disingkat sebagai PCLOS, adalah sebuah sistem operasi desktop. Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan.

14. Damn Small Linux
Damn Small Linux (DSL) adalah salah satu distro/varian linux mini. Disebut mini karena paket DSL cuma 50MB besarnya. DSL juga memungkinkan untuk diinstall di USB 128MB

15. Kuliax
Kuliax adalah sebuah distribusi Linux LiveCD yang dikembangkan oleh Kuliax Project untuk pendidikan di universitas. Distribusi ini berbasis Debian GNU/Linux dan Knoppix, serta telah dioptimasi ke arah penggunaan desktop Linux.

16. Redhat
Distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia, redhat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.

 7.Sistem Operasi Palm OS

Sejarah Sistem Operasi Palm OS
 Palm OS awalnya dikembangkan di bawah arahan Jeff Hawkins di Palm Computing, Inc. Palm kemudian diakuisisi oleh US Robotics Corp, yang pada gilirannya kemudian dibeli oleh 3Com, yang membuat anak perusahaan Palm sebuah perusahaan publik independen pada tanggal 2 Maret 2000 .
 Pada Januari 2002, Palm mendirikan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki untuk mengembangkan dan lisensi Palm OS, yang bernama PalmSource. PalmSource kemudian berputar off dari Palm sebagai perusahaan independen pada tanggal 28 Oktober 2003 . Palm (kemudian disebut palmOne) menjadi teratur lisensi Palm OS, tidak lagi dalam kontrol sistem operasi.
 Pada bulan September 2005, PalmSource mengumumkan bahwa mereka sedang diakuisisi oleh ACCESS.
 Pada bulan Desember 2006, Palm memperoleh hak abadi ke kode sumber Palm OS dari ACCESS. Dengan Palm ini dapat memodifikasi sistem operasi berlisensi yang diperlukan tanpa membayar royalti lebih lanjut kepada AKSES. Bersama dengan Mei 2005 perolehan hak penuh untuk nama merek Palm, hanya Palm dapat mempublikasikan rilis sistem operasi dengan nama ‘Palm OS’.
 Sebagai akibatnya, pada 25 Januari 2007, AKSES mengumumkan perubahan nama untuk saat ini sistem mereka operasi Palm OS, sekarang berjudul Garnet OS .
 Palm OS adalah sistem operasi proprietary mobile. Dirancang pada tahun 1996 untuk PDA Palm Pilot Computing, Inc ‘baru, telah diimplementasikan pada beragam perangkat mobile, termasuk smartphone, jam tangan, game konsol genggam, pembaca barcode dan perangkat GPS.
 Palm OS versi sebelumnya dari 5,0 berjalan di Motorola / Freescale Dragonball prosesor. Dari versi 5.0 dan seterusnya, Palm OS berjalan pada arsitektur ARM berbasis prosesor.
 Modernisasi
 Selama beberapa tahun PalmSource telah berusaha untuk menciptakan penerus modern untuk Palm OS 5 dan memiliki lisensi menerapkannya. Meskipun PalmSource dikirim Palm OS Cobalt 6.0 untuk lisensi pada bulan Januari 2004, tidak menggunakannya untuk perangkat rilis. PalmSource membuat perbaikan besar untuk Palm OS Cobalt dengan merilis Palm OS Cobalt 6.1 pada September 2004 untuk menyenangkan pemegang lisensi, tapi bahkan versi baru tidak mengarah ke perangkat produksi.
 Pada Desember 2004, PalmSource mengumumkan strategi OS baru. Dengan akuisisi perusahaan perangkat lunak telepon selular Cina Mobilesoft, PalmSource direncanakan ke port Palm OS di atas Linux kernel, sementara masih menawarkan kedua Palm Garnet OS dan Palm OS Cobalt. Strategi ini direvisi pada bulan Juni 2005, saat masih tidak ada perangkat dengan Palm OS Cobalt diumumkan. PalmSource mengumumkan menghentikan upaya pengembangan semua pada setiap produk tidak berkaitan langsung dengan platform masa depan berbasis Linux.
 Dengan akuisisi PalmSource oleh ACCESS, Palm OS untuk Linux diubah menjadi ACCESS Linux Platform yang pertama kali diumumkan pada bulan Februari 2006 . Versi awal dari platform dan kit pengembangan perangkat lunak untuk Platform Linux ACCESS secara resmi dirilis pada Februari 2007 [30] Pada Januari 2011, ACCESS Linux Platform belum kapal pada perangkat, namun ada kit pengembangan dan demonstrasi publik telah dipamerkan..
 Palm, Inc lisensi utama Palm OS Garnet tidak lisensi AKSES Linux Platform untuk perangkat mereka sendiri. Sebaliknya, Palm mengembangkan sistem lain operasi berbasis Linux yang disebut Palm webOS Pada tanggal 11 Februari 2009,. CEO Palm Ed Colligan mengatakan tidak akan ada tambahan Palm OS perangkat (kecuali Centro yang dirilis ke operator lain). Palm berfokus pada Palm webOS dan perangkat Windows Mobile [32] Pada tanggal 1 April 2009, Palm mengumumkan ketersediaan Palm OS emulator untuk WebOS-nya

PENANGANAN PROSES DAN PENANGANAN MEMORY
Palm OS adalah sistem operasi komputer yang menjadi platform dari PDA PalmPilot yang merupakan produksi Palm Computing yang sekarang merupakan bagian dari 3Com. Palm OS di desain untuk tepat pada devais ukuran telapak tangan dari ukuran tertentu dengan ukuran layar tertentu pula. 3Com mengatakan bahwa PalmPilot lebih sukses dikarenakan pendekatan yang dilakukan terfokus, memang Microsoft Windows CE dan Symbian’s EPOC adalah sistem operasi untuk devais jenis genggam pula tetapi didesain untuk area devais yang lebih luas.
 Palm OS menggunakan multitasking, tetapi hanya satu task untuk setiap aplikasi. Pengguna menggunakan satu aplikasi pada waktu tertentu, satu program apikasi harus selesai sebelum yang berikutnya dapat dipilih. Pembatasan ini membuat sistem operasi mendedikasikan penuh perahatian pada aplikasi yang terbuka. Space yand dibutuhkan oleh sistem untuk setiap aplikasi yang berjalan adalah bersifat dinamis, reusable random access memory (RAM). Aplikasi dan database yang berhubungan disimpan dalam tempat penyimpanan permanen, tetapi tempat penyimpanan permanen itu adalah RAM (bukan hard disk). Palm OS membagi sebuah aplikasi menjadi code yang dapat dijalankan dan tipe elemen data yang berbeda, seperti elemen antar muka (user interface) dan icons. Elemen data dapat diubah dengan mudah tanpa perlu menulis ulang code.
 Palm Computing supports Metrowerks’ CodeWarrior sebagai pengembang software yang resmi (official software development kit / SDK) menggunakan sebuah Macintosh atau Windows.
Kelebihan PalmOS dibandingkan dengan sistem operasi lainnya adalah Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal. Tetapi hal inilah yang menyebabkan PalmPilot jarang memiliki fasilitas voice, dan layar berwarna.
 Palm OS adalah sistem operasi komputer yang menyediakan sebuah platform perangkat lunak untuk seri Palm genggam personal digital assistant (PDA) yang dibuat oleh Palm Inc Menurut Palm, Palm OS dirancang dari awal untuk masuk ke dalam perangkat sawit-ukuran spesifik ukuran dan dengan ukuran layar tertentu. Microsoft Windows CE dan Symbian EPOC (berasal oleh Psion) juga sistem operasi untuk perangkat genggam, tetapi dirancang untuk melayani lebih luas perangkat.
 Palm OS menggunakan multitasking, tetapi hanya satu tugas untuk aplikasi. Pengguna menggunakan satu aplikasi pada satu waktu, satu program aplikasi harus selesai sebelum berikutnya

OPEN SOURCE PLATFORM MOBILE
dapat dipilih. Kendala ini memungkinkan sistem operasi untuk mencurahkan perhatian penuh untuk aplikasi yang terbuka. Ruang yang diperlukan oleh sistem untuk setiap aplikasi yang berjalan disimpan di dinamis, akses memori dapat digunakan kembali acak (RAM). Aplikasi dan database yang terkait disimpan dalam apa yang disebut penyimpanan permanen, tapi di sini penyimpanan permanen adalah RAM (bukan hard disk) yang tidak dapat digunakan kembali sebagai RAM dinamis dapat.

Palm OS dilengkapi dengan aplikasi ini built-in: Tanggal, Address Book, To Do List, Memo Pad, Kalkulator, dan Perlindungan Sandi. Aplikasi baru dapat ditulis dan ditambahkan dengan menggunakan beberapa fasilitas yang mempercepat pembangunan. Palm mendukung Metrowerks ‘CodeWarrior sebagai kit pengembangan perangkat lunak resmi (SDK), menggunakan Macintosh atau lingkungan Windows. Pengguna platform UNIX dapat menggunakan kit yang disebut GCC, yang tersedia melalui Free Software Foundation. Pemrogram dapat menggunakan C, C + +, assembler, atau scripting. Antarmuka pengguna Palm ditiru dalam jendela di lingkungan desktop, mendorong pengembangan aplikasi yang cepat. Aplikasi sederhana dapat dikembangkan menggunakan antarmuka bentuk Palm.

 Palm OS dilengkapi dengan antarmuka komunikasi ke perangkat transmisi inframerah, TCP / IP (untuk koneksi Web melalui perangkat nirkabel atau wireline), dan, opsional, barcode scanner pengakuan.
 Palm OS (juga dikenal sebagai Garnet OS) adalah sistem operasi mobile awalnya dikembangkan oleh Palm, Inc, untuk asisten pribadi digital (PDA) pada tahun 1996. Palm OS dirancang untuk kemudahan penggunaan dengan antarmuka pengguna grafis berbasis touchscreen. Hal ini disediakan dengan suite aplikasi dasar untuk manajemen informasi pribadi. Kemudian versi dari OS telah diperluas untuk mendukung smartphone. Beberapa lisensi yang lain telah diproduksi perangkat didukung oleh Palm OS.
 Menyusul pembelian Palm Palm merek dagang, saat ini versi berlisensi dari ACCESS diubah namanya Garnet OS. Pada tahun 2007, ACCESS memperkenalkan penerus ke Garnet OS, yang disebut Access Linux Platform dan pada tahun 2009, pemegang lisensi utama Palm OS, Palm, Inc, beralih dari Palm OS untuk WebOS untuk perangkat yang akan datang mereka

 Fitur kunci dari Garnet Palm OS saat ini adalah
 Sederhana, single-tasking lingkungan untuk memungkinkan peluncuran aplikasi layar penuh dengan set, dasar GUI yang umum Monokrom atau warna layar dengan resolusi 480×320 pixel sampai Pengenalan tulisan tangan masukan sistem yang disebut Graffiti 2
HotSync teknologi untuk sinkronisasi data dengan komputer desktop Suara pemutaran dan kemampuan merekam Keamanan model sederhana: Device dapat dikunci dengan password, catatan aplikasi sewenang-wenang dapat dilakukan swasta
TCP / IP jaringan akses
Port serial / USB, inframerah, Bluetooth dan koneksi Wi-Fi
Dukungan kartu ekspansi memori
Ditetapkan standar format data untuk aplikasi manajemen informasi pribadi untuk menyimpan entri kalender, alamat, tugas dan catatan, diakses oleh aplikasi pihak ketiga. Termasuk dengan OS juga satu set aplikasi standar, dengan yang paling relevan untuk empat operasi PIM disebutkan.
 Versi sejarah dan latar belakang teknis
 Produsen bebas untuk mengimplementasikan fitur yang berbeda dari OS dalam perangkat mereka atau bahkan menambah fitur baru. Ini sejarah versi menggambarkan versi lisensi resmi dari Palm / 

PalmSource / ACCESS.
 Semua versi sebelum Palm OS 5 adalah berdasarkan atas AMX 68000 kernel berlisensi dari KADAK Produk Ltd Meskipun kernel ini secara teknis mampu multitasking, yang “syarat dan ketentuan khusus yang menyatakan bahwa lisensi Palm mungkin tidak mengekspos API untuk menciptakan / memanipulasi tugas dalam OS “.

Palm OS 1.0
 Versi 1.0 memiliki fitur PIM klasik Alamat aplikasi, Buku Tanggal, Memo Pad, dan To Do List. Juga dilengkapi kalkulator dan alat Keamanan untuk menyembunyikan catatan untuk penggunaan pribadi.
 Palm OS 1.0 tidak membedakan antara RAM dan penyimpanan file sistem. Aplikasi diinstal langsung ke dalam RAM dan dieksekusi di tempat. Karena tidak ada sistem berkas yang didedikasikan didukung, sistem operasi tergantung pada siklus refresh RAM konstan untuk menjaga memori. OS mendukung 160×160 monokrom menampilkan output. Input pengguna dihasilkan melalui sistem pengenalan tulisan tangan Graffiti atau opsional melalui virtual keyboard. Sistem ini mendukung sinkronisasi data ke PC lain melalui teknologi HotSync dengan sendirinya beberapa antarmuka serial. Rilis bugfix terbaru adalah versi 1.0.7.

 Palm OS 2.0
 Palm OS 2.0 diperkenalkan pada 10 Maret 1997 dengan PalmPilot Personal dan Profesional . Versi ini menambahkan TCP / IP jaringan, jaringan HotSync, dan dukungan lampu latar layar. Rilis bugfix versi terakhir adalah 2.0.5.
 Dua aplikasi baru, Mail dan Beban ditambahkan, dan standar aplikasi PIM telah ditingkatkan.

 Palm OS 3.0
 Palm OS 3.0 diperkenalkan pada tanggal 9 Maret 1998 dengan peluncuran Palm III series . Versi ini menambahkan IrDA inframerah dan dukungan font ditingkatkan. Versi ini juga memiliki fitur diperbaharui aplikasi PIM dan update untuk peluncur aplikasi.

 Palm OS 3.1 menambahkan fitur baru hanya kecil, seperti HotSync dukungan jaringan. Itu diperkenalkan dengan Palm IIIx dan Palm V.

Palm OS 3.2 menambahkan dukungan Web Clipping, yang merupakan solusi Palm-spesifik awal untuk membawa konten web ke layar PDA kecil. Ini diperkenalkan dengan penyelenggara VII Palm.

 Palm OS 3.3 HotSync menambah kecepatan lebih cepat dan kemampuan untuk melakukan hotsyncing inframerah. Itu diperkenalkan dengan Palm Vx penyelenggara.

 Palm OS 3.5 adalah versi pertama untuk menyertakan native 8-bit dukungan warna. Ia juga menambahkan fitur kemudahan utama yang menyederhanakan operasi, seperti icon bar-konteks-sensitif atau aktivasi menu sederhana. Aplikasi agenda diperpanjang dengan tampilan agenda tambahan. Versi ini pertama kali diperkenalkan dengan Palm IIIC perangkat . Rilis bugfix terbaru adalah versi 3.5.3.
 Sebagai pendamping, Palm kemudian ditawarkan Kit internet upgrade software Mobile untuk Palm OS 3.5 . Ini termasuk web Kliping Palm software, MultiMail (yang kemudian berganti nama menjadi VersaMail) Versi 2,26 e-mail software, Versi HANDPHONE 1.3 SMS perangkat lunak, dan Neomar Versi 1.5 WAP browser.

Palm OS 4.0
 Palm OS 4.0 dirilis dengan seri M500 baru Palm pada tanggal 19 Maret 2001 . Versi ini menambahkan antarmuka standar untuk sistem akses file eksternal (seperti kartu SD). Sistem file eksternal adalah perubahan radikal untuk eksekusi sebelumnya sistem operasi di tempat. Sekarang, kode aplikasi dan data harus dimuat ke RAM perangkat, mirip dengan perilaku sistem operasi desktop. Sebuah Konektor Universal baru dengan dukungan USB diperkenalkan. Kit internet sebelumnya opsional Mobile sekarang merupakan bagian dari sistem operasi. Versi 4.0 menambahkan manajer perhatian untuk mengkoordinasikan informasi dari aplikasi yang berbeda, dengan beberapa kemungkinan untuk mendapatkan perhatian pengguna, termasuk suara, LED berkedip atau getaran. Layar warna 16-bit dan zona waktu yang berbeda yang didukung. Versi ini juga memiliki peningkatan keamanan dan UI.

 Palm OS 4.1 adalah rilis bugfix. Ini diperkenalkan dengan peluncuran Palm i705. Update OS kemudian minor ke versi 4.1.2 termasuk backport dari Graffiti 2 dari Palm OS 5.2.

 Palm OS 4.2 Cina Sederhana Edition ditargetkan terutama untuk pasar Cina dengan penuh dukungan Cina Sederhana, co-dirilis dengan Palm OS 5.3. Tidak ada perangkat telah dibuat dengan versi ini sampai sekarang.

Palm OS 5
 Palm OS 5 (tidak disebut 5.0) diresmikan oleh anak perusahaan PalmSource Palm pada Juni 2002 dan pertama kali diimplementasikan pada Palm Tungsten T. Ini adalah versi pertama dirilis untuk mendukung perangkat ARM, dengan dukungan untuk aplikasi Dragonball melalui Aplikasi Palm Kompatibilitas Lingkungan (PACE) emulator. Bahkan dengan tambahan overhead PACE, aplikasi Palm biasanya berjalan lebih cepat pada perangkat ARM dari pada hardware generasi sebelumnya. Perangkat lunak baru dapat mengambil keuntungan dari prosesor ARM dengan unit kecil kode ARM, disebut sebagai ban lengan.
 Dengan dasar hardware lebih kuat, Palm OS secara substansial ditingkatkan untuk kemampuan multimedia. Layar 320×320 kepadatan tinggi didukung bersama-sama dengan pemutaran suara penuh digital dan merekam API. Susunan Bluetooth yang terpisah Palm ditambahkan bersama dengan tumpukan IEEE 802.11b Wi-Fi. Koneksi jaringan aman atas SSL yang didukung. OS dapat disesuaikan dengan skema warna yang berbeda.
 Untuk Palm OS 5, PalmSource dikembangkan dan berlisensi browser web yang disebut PalmSource Web Browser, yang didasarkan pada 3,0 NetFront Browser AKSES ‘.

Palm OS 5.2 terutama rilis bugfix, diterapkan pertama kali pada Samsung SGH-i500 .
Ini menyediakan dukungan untuk resolusi 480×320 dan memperkenalkan sistem input tulisan tangan baru yang disebut Graffiti 2, karena gugatan hilang terhadap Xerox. Graffiti 2 didasarkan pada Mencatat dari CIC. Rilis bugfix terbaru adalah versi 5.2.8.

Palm OS 5.3 Edisi Cina Sederhana menyediakan dukungan Cina penuh Sederhana, selanjutnya menambahkan dukungan untuk resolusi QVGA, dan standar API untuk virtual Graffiti disebut Dynamic Input Area. Versi ini pertama kali diperkenalkan dengan Lenovo P100 dan P300 handheld. [23]

 Palm OS Garnet (5.4) secara resmi memberikan dukungan untuk beberapa resolusi layar, mulai dari 160×160 sampai 480×320. Ini juga fitur Bluetooth diperbaharui perpustakaan. Versi ini memperkenalkan moniker Garnet untuk membedakannya dari Palm OS Cobalt 6.0. Rilis bugfix terbaru adalah versi 5.4.9.
 Garnet OS 5.5 adalah versi saat ini dikembangkan oleh ACCESS. Versi ini didedikasikan untuk dijalankan di dalam mesin virtual Garnet VM. VM Garnet adalah bagian inti dari Access Linux Platform dan juga tersedia untuk Nokia Internet Tablet.

Palm OS Cobalt (6,0)
  OS Cobalt (6,0) adalah pengganti yang ditunjuk untuk Palm OS 5. Ini diperkenalkan pada tanggal 10 Februari 2004, [24] tetapi tidak ditawarkan lagi dari ACCESS (lihat bagian berikutnya). Palm OS 6.0 kemudian diganti untuk Palm OS Cobalt untuk membuat jelas bahwa versi ini awalnya tidak ditunjuk untuk menggantikan Palm OS 5, yang mengadopsi nama Garnet Palm OS pada waktu yang sama.


Palm OS Cobalt memperkenalkan fitur-fitur sistem operasi modern untuk sebuah sistem operasi embedded berdasarkan kernel baru dengan multitasking dan perlindungan memori, kerangka multimedia dan grafis modern (berasal dari Palm BeOS diperoleh), fitur keamanan baru, dan penyesuaian dari format file PIM lebih baik bekerja sama dengan Microsoft Outlook.

Palm OS Cobalt 6.1 disajikan perpustakaan komunikasi standar untuk telekomunikasi, Wi-Fi, dan konektivitas Bluetooth. Meskipun penambahan lainnya, gagal untuk kepentingan pemegang lisensi potensial untuk Palm OS Cobalt.

OS pihak ketiga tambahan
 Beberapa pemegang lisensi telah membuat modifikasi khusus untuk sistem operasi. Ini bukan bagian dari versi berlisensi resmi.
 Palm mengembangkan Bluetooth API untuk eksternal SDIO Card Bluetooth untuk Palm OS 4,0 perangkat. Susunan Bluetooth yang kemudian dimasukkan di Palm OS 5 [26]
Palm menambahkan masukan API grafiti area virtual terutama untuk perangkat Tungsten T3 mereka. API ini kemudian digantikan oleh API Input Area resmi Dinamis di Palm OS 5.3.
Palm ditambahkan ke Palm OS 5.4 Sistem File Non-Volatile, dan digunakan Flash untuk penyimpanan bukan DRAM, mencegah kehilangan data dalam hal menguras baterai. Namun, ini secara fundamental mengubah cara program dieksekusi dari sistem Jalankan-di-Tempat Palm OS tradisional yang digunakan, dan telah menjadi sumber banyak masalah kompatibilitas, membutuhkan banyak aplikasi untuk memiliki eksplisit NVFS dukungan tambahan bagi mereka untuk menjadi stabil.
Untuk kamera yang dilengkapi perangkat mereka, Palm menambahkan API CameraLib.
Sony menambahkan perpustakaan untuk mendukung input JogDial tersedia pada penyelenggara clie mereka.
 PENANGANAN FILE
 Palm OS membagi aplikasi ke dalam kode Runnable dan berbagai jenis elemen data, seperti elemen antarmuka pengguna dan ikon. Elemen data dapat dengan mudah diubah tanpa perlu harus menulis ulang kode.

PALM OS
Palm OS (dikenal juga sebagai Garnet OS) adalah suatu sistem operasi mobile yang awalnya dikembangkan oleh Palm, Inc untuk perankat PDA pada tahun 1996. Perusahaan ini sendiri didirikan pada tahun 1992 dan bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Palm OS dirancang untuk perangkat yang ease of use dengan user interface touchscreen berbasis grafis. Didalamnya telah disediakan suite aplikasi dasar untuk manajemen informasi pribadi. Beberapa tahun kemudian platform diperluas sehingga dapat mendukung smartphone dan PDA phone.
'
Setelah membeli Palm merek dagang Palm oleh ACCESS yang kemudian mengganti namanya menjadi Garnet OS. Pada tahun 2007, ACCESS memperkenalkan penerus ke Garnet OS, dengan nama Access Linux Platform pada tahun 2009 lalu. 
 Kelebihan PalmOS dibandingkan dengan sistem operasi lainnya adalah Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal, dan tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik. Sedangkan kelemahan Palm OS yaitu tidak memiliki media penyimpanan eksternal/tambahan, walaupun bisa diisi sebuah program, Software maupun Aplikasi tetapi tidak bisa di instal dengan kapasitas yang banyak karena hanya keterbatasan memori. Selain itu , perusahaan yang mengembangkan Palm telah dihentikan maka kemungkinan perkembangan program Palm tidak akan ada lagi dan development yang ada sekarang mungkin hanya berupa support untuk produk produk lama Palm
Palm OS diluncurkan pertama kali pada tahun 1996 yang merupakan sebuah sistem operasi untuk perangkat digital yang dikembangkan oleh PalmSource Inc, ditujukan untuk berbagai merk PDA (Personal Data Assistant).
 Palm OS dirancang agar mudah digunakan dan memiliki cara kerja mirip dengan Microsoft Windows.
Dalam sebuah PDA, OS Palm dipaketkan dengan address book, jam, catatan, menu sinkronisasi (sync), viewer dan aplikasi keamanan.
Palm adalah pesaing utama dari sistem operasi Windows Mobile di awal tahun 2000-an lalu. Palm juga merupakan pelopor sistem operasi yang mutlak digunakan oleh sebuah ponsel pintar. Sayangnya ketenaran Palm belakangan kian turun begitu kehadiran para pesaingnya yang kian mengganas. Keunggulan OS Palm adalah tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik. Dengan kapasitas sebesar 16 MB misalnya sudah sangat lebih dari cukup untuk menyuntikkan berbagai fungsi aplikasi tambahan. Terakhir kabarnya Palm bakalan merilis ponsel terkini mereka yang disebut Palm Pre. Ponsel yang kabarnya memiliki keunggulan yang digadang-gadangi sebagai iPhone killer.
System Operasi Palm yang dimulai pada tahun 1996 sebenarnya sistem operasi ini bisa saja disebut sebagai perintis OS pada sebuah handset untuk PDA maupun Smartphone, hal ini dikarenakan pesatnya perkembangan produk yang menggunakan Palm dan juga banyaknya jumlah pihak ketiga yang membuat program untuk Palm, hingga sekarang telah ada ribuan program untuk perangkat elektronik yang berbasis Palm.
Palm OS di desain untuk tepat pada devais ukuran telapak tangan dari ukuran tertentu dengan ukuran layar tertentu pula. Palm OS menggunakan multitasking, tetapi hanya satu task untuk setiap aplikasi. Pengguna menggunakan satu aplikasi pada waktu tertentu, satu program apikasi harus selesai sebelum yang berikutnya dapat dipilih. Pembatasan ini membuat sistem operasi mendedikasikan penuh perhatian pada aplikasi yang terbuka. Space yand dibutuhkan oleh sistem untuk setiap aplikasi yang berjalan adalah bersifat dinamis, reusable random access memory (RAM). Aplikasi dan database yang berhubungan disimpan dalam tempat penyimpanan permanen, tetapi tempat penyimpanan permanen itu adalah RAM (bukan hard disk).
Palm OS membagi sebuah aplikasi menjadi code yang dapat dijalankan dan tipe elemen data yang berbeda, seperti elemen antar muka (user interface) dan icons. Elemen data dapat diubah dengan mudah tanpa perlu menulis ulang code.
Adakah kelebihan dan kelemahan yang dimiliki Palm OS?
Kelebihan PalmOS dibandingkan dengan sistem operasi lainnya adalah Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal, dan tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik.
Sedangkan, Kelemahan Palm OS yaitu tidak memiliki media penyimpanan eksternal/tambahan, walaupun bisa diisi sebuah program, Software maupun Aplikasi tetapi tidak bisa di instal dengan kapasitas yang banyak karena hanya keterbatasan memori. Selain itu , perusahaan yang mengembangkan Palm telah dihentikan maka kemungkinan perkembangan program Palm tidak akan ada lagi dan development yang ada sekarang mungkin hanya berupa support untuk produk produk lama Palm
Berikan contoh bentuk atau produk dari System Operasi Palm?
Contoh produk yang menanamkan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680, 750v, Palm Centro, Palm Treo Pro, Palm Pre, Palm 700w, dan masih banyak lagi. Tetapi disini saya hanya menjelaskan salah satunya saja, yaitu Palm Treo 680 Smartphone ini menggunakan system operasi Palm, yaitu Palm OS 5.4.9 dengan prosesor Intel PXA270, 312MHz. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tsebatas unes, dan Document To Go.